Perbandingan Pendidikan Negara Rusia Dengan Indonesia


 Mata Kuliah  : Perbandingan Pendidikan
Judul           : Perbandingan Pendidikan Negara Rusia Dengan Indonesia
Jumlah        : 12 halaman
Tingkat        : Pelajar/Mahasiswa/Umum
Kode            :

Download:


Gambaran Isi:

BAB I
PENDAHULUAN

            Secara umum pendidikan diartikan sebagai upaya mengembangkan kualitas pribadi manusia dan membangun karakter bangsa yang dilandasi nilai-nilai agama, filsafat, psikologi, sosial, budaya, dan iptek yang bermuara pada pembentukan manusia bermoral dan berahlak mulia serta berbudi luhur.
            Setiap bangsa  pasti memiliki system pendidikan, melalui system pendidikan itu, suatu bangsa dapat memelihara dan mempertahankan nilai-nilai luhur serta keunggulan-keunggulan mereka dari generasi ke generasi.
            Dalam rangka pemahaman tuntutan perkembangan zaman, maka lembaga pendidikan dewasa ini juga melakukan suatu penilaian atau evaluasi dari dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan yang dikenal dengan akreditas sekolah yang dilaksanakan oleh suatu badan, yang bernama badan akreditas nasional, dan meningkatkan relevan, atmosfer akademik, pengelolaan intitusi, efesien dan keberlanjutan pendidikan tinggi.
            Rusia sebagai salah satu Negara yang dahulu merupakan kekuatan terbesar didunia (saat menjadi bagian uni sofiet) sekarang ini mengalami ketertinggalan dari berbagai Negara eropa lainya dan Negara yang dulunya saling bersaing dengan Rusia. Berdasarkan data Human Developpment Index (HDI) yang dikeluarkan oleh UNESCO Rusia berada pada urutan ke 71 sedangkan Indonesia berada pada urutan III.

BAB II
PEMBAHASN

Sistem Pendidikan Negara Rusia
            Federasi Rusia, adalah sebuah Negara yang membentang dengan luas disebelah timur Erupa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17,075,400 km, rusia adalah Negara terbesar didunia. Wilayahnya kurang lebih dua kali wilayah RRC (tiongkok ;RRC), kanada atau Amerika serikat. Penduduknya, menduduki peringkat ketujuh terbanyak didunia setelah tiongkok, India, Amerika serikat, Indonesia, Brazil, dan Pakistan.
            Pendidikan dirusia disediakan oleh Negara dan diatur oleh departemen pendidikan Federal. Daerah mengatur pendidikan mereka dalam yurisdika yang berlaku dalam kerangka undang-undang Federal.  Pada tahun 2004 belanja negarauntuk pendidikan sebesar 3,6% dari APBD, atau 13% dari anggaran Negara radisional.
            System pendidikan dirusia meliputi taman kanak-kanak (playgroup, sejak usia bayi 1 tahun sampai taman kanak-kanak lanjut sejak usia 3 tahun) sekolah menengah (sejak usia 6 tahun)  “ Gimnasium” (semacam sekolah, menengah dengan kurikulum yang lebih luas) sekolah dan sekolah kejuruan, perguruan tinggi (institut, Uneversitas dan Akademi)
            Sekolah menengah terdiri dari 4 tahun sekolah dasar, 5tahun sekolah menengah penuh /kejuruan. Ada sekolah menengah kusus dimana pelajaran tertentu diutamakan.

A.     JENIS PENDIDIKAN
1.      Pendidikan Pra-Sekolah
Pendidikan Prasekolah dinamakan dengan playgroup dimulai dari usia 1-3 tahun, kemudian, dilanjutkan dengan taman kanak-kanak (TK) untuk usia 3-6 tahun. Pendidikan seperti sekolah, dan diselengarakan oleh daerah atau pemerintah setempat.
2.      Pendidikan Menengah
Pendidikan menengah meruoakan pendidikan wajib yang diselenggrakan selengarakan  oleh Negara. Pendidikan dasar berlangsung selama 9 tahun dengan dua tingkatan yaitu 4 tahun sekolah dasar dan 5 tahun sekolah menengah utama.
3.      Pendidikan Lengkap Sekunder dan Kejuruan
Setelah menyelesaikan dasar, para siswa memiliki dua pilihan. Apakah ingin melanjutkan kejenjang pendidikan lengkap sekunder atau kejuruan. Pada pendidikan lengkap sekunder, siswa harus menyelesaikan pendidikan selama dua tahun untuk mendapat sertifikat. Setelah itu siswa dibenarkan untuk masuk kejenjang perguruan tinggi/universitas dengan setifikat yang diperolehnya.
4.      Pendidikan Tinggi
Pendidikan tinggi dirusia dapat diikuti oleh lulusan dari pendidikan lengkap sekunder ataupun lulusan dari pendidikan lengkap sekunder, jenjang pendidikan tinggi adalah sebagai berikut.
-          Tingkat universitas tahap pertama: tahap pertama terdiri dari paling sedikit dua tahun dari program studi pendidikan tinggi.
-          Pendidikan tinggi dasar atau disebut bakalaur adalah pendidikan setingkat sarjana dirusia, yang ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 tahun.
-          Pendidikan tingkat selanjutnya bagi lulusan bakalaur adalah program Engineer atau program magester. Harus menyelesaikan pendidikan tahunan.
-          Magester diberikan peluang untuk meneruskan program kandidat Nauk/Aspirantura, ini merupakan jenjang pendidikan setingkat doktoral, selama kurang lebih 3 tahun. Dan akan diberikan gelar Ps.D atau Doktor
-          Pendidikan tingkat tertinggi atau settingkat profesor di Indonesia bias ditempuh oleh doktor/ kandidat Nauk selama jangka waktu tidak tetap. Ini merupakan gelar ilmiah yang diberikan setelah adanya persapan ilmiah umum dan mendapat pembelaan dari promohan

B.     Manajemen Pendidikan
1.      Otorita
Seperti dalam hal lain, keadaan administrasi, supervise dan operasional pendidikan juga belun menentu dan tidak ada kepastian. Semenjak revormasi pendidikan tahu 1984 telah banyak perubahan yang terjadi. Kementrian pendidikan uni soffiet telah dibubarkan, dan kemudian dibentuk komite pendidikan Negara. Idenya ialah agar ada sebuah badan yang bertanggung jawab atas pertanyaan menyeluruh untuk seluruh wilayah kesatuan.
      Dirusia tahun 1990-an ada dua badan tertinggi dalam bidang pendidikan. Pada hampir semua republik yang ada dulunya di Uni soviet, kebanyakan lembaga pendidikan dikelola oleh kementrian pendidikan.
2.      Pendanaan
Sampai pada tahun 1980, pendanaan pendidikan bersifat sentralisasi yang ketat. Pejabat-pejabat unisofiet mengalokasikan anggaran menyeluruh untuk setiap setiap republik, dan juga menggriskan bagian-bagian yang harus dibelanjakan untuk setiap sektor seperti pendidikan. Semenjak waktu itu 1980, kontrol keuangan beransur-ansur dialihkan kapada masing-masing republik dan pada ahir 1991, praktis tidak ada lagi uang yang dianggarkan untuk program pendidikan oleh penguasa penguasa Union.
3.      Personalia
Guru dididik pada 42 Universitas, 4 Universitas pendidikan, 93 institut pendidikan, dan 353 sekolah menengah( hanya mendidik guru-guru prasekolah dan sekolah dasar). Program pendidikan guru untuk semua tingkat mencakup komponen pendidikan umum. Komponen profesional merupakan yang terbesar bagi guru-guru yang dididik untuk level prasekolah dan sekolah dasar, dan proposinya lebih kecil bagi guru-guru yang akan bertugas disekolah menengah.
4.      Kurikulum dan Metodologi Pembelajaran
Sekarang sudah disusun kurikulum untuk seluruh rusia (kusus untuk pedidikan umum) dan lembaga-lembaga pendidikan pendidikan tinggi makin mendapat kebiasaan dalam menyusun, memutuskan dan melaksanakan kurikulumnya, sedangkan metodologi mengajar dianggapnya sebagai tanggung jawab masing masing guru semenjak awal 1990-an.
5.      Ujian, Kenaikan Kelas, dan Sertifikasi
Semenjak awal tahun 1940-an sudah terlalu seering terjadi perubahan mengenai ujian system kenaikan kelas dan sertifiksi baru sesudah perang dunia II. Anak-anak mengikuti ujian tahunan dari berbagai mata pelajaran dan mulai dari Grade -4. ujian ahir baru diadakan setelah Grade-8 pada ahir Grade-10 atau 11 dan pada saat itu sertifikat tamat diberikan, ini juga dilakukan pada awal 1990-an kecuali sekolah sendiri punya wewenang untuk menentukan apakah ujian dibuat diatas batas minimum yang telah ditetapkan sebelunya.
6.      Evaluasi dan Penelitian Pendidikan
Kecenderungan pada awal tahun 1990-an kearah disentralisasikan memperkecil kemungkinan untuk melaksanakan evaluasi pada tingkat Rusia secara keseluruhan, karena rusia yang seperti itu tidak ada lagi sejak beberapa tahun yang lalu.
Undang-undang pendidikan tahun 1992 menetapkan adanya evaluasi secara teratur terhadap pendidikan dirusia dan ini merupakan keharusan untuk menyusun keharusan untuk menyusun peraturan ujian dan standar pendidikan (menengah) bagi seluruh rusia, tetapi ini semua masih dalam tahap perencanaan.
Penelitian pendidikan juga dilakukan pada pusat-pusat pendidikan yang ada pada semua universitas dan lembaga-lembaga pendidikan, yaitu lembaga pendidikan guru.

C.     Reformasi Dan Isu-isu Pendidikan
Reformasi terakhir dalam pendidikan umum dan vokasional diumumkan tahun 1984. Masalah-masalah pokok pendidikan rusia pada ahir abad 20 dan awal abad 21 ini adalah bagaimana semua republik yang dulu bergabung dalam unu soviet (termasuk rusia sendiri. Menemukan identitas pendidikanya masing-masing, termsuk juga identitas dalam…..Read More