Penggunaan Mikrotom dan Pembuatan Sayatan dengan Mikrotom


Mata Kuliah  : Tehnik Laboratorium
Judul            : Penggunaan Mikrotom dan Pembuatan Sayatan dengan Mikrotom 
Jumlah         : 9 halaman
Tingkat        : Pelajar/Mahasiswa/Umum
Kode            :

 Download:

~ Penggunaan Mikrotom….. .doc
~ Penggunaan Mikrotom.….. .rar
========================================================

Gambaran Isi: 

TOPIK    : Penggunaan Mikrotom dan Pembuatan Sayatan    dengan Mikroton  
Hari / Tanggal    : Rabu, 5 Januari 2011 
Tujuan        : - Mengetahui cara penggunaan mikrotom
                    - Memahami cara pembuatan sayatan dengan mikrotom 
Dasar Teori        : 

Abdul (2005 : 103) menyatakan bahwa ada tiga macam insane berdasarkan bidang pemotongan, yang pertama intisan membujur (longitudinal section, biasanya disngkat 1.5) adalah irisan sejajar dengan sumbu horizontal dari objek, yang kedua irisan melintang (cross section, biasanya disingkat C.S atau X.S) adalah irisan dengan arah tegak lurus sumbu horizontal dari objek, yang ketiga irisan tengah (media section, biasanya disingkat med atau m) adalah irisan sejajar dengan atau tegak lurus pada organ tengah suatu objek.
    Tean (2009:238) menyatakan komponen mikrotom yang paling berperan dalam produksi sayatan yang sempurna adalah pisau yang digunakan untuk menyayat. Oleh karena itu untuk dapat berkerja optimal maka terdapat tipe dan struktur pisau mikrotom pabrikan yang sama dengan pabrikan mikrotom. Tiga tipe pisau mikrotom, yaitu 1) Pisau Plane-adge (siple wedge razor), biasanya digunakan untuk senyatan beku dan blok paraffin. 2) Pisau bikonkaf (flat –or half-groud razor), digunakan untuk senyatan blok celoidin dan plastik. 3) Pisau bikonkaf (hollow-groud razor), digunakan untuk menyayat blok paraffin.
    Kaunang (2009 : 23) menyatakan bahwa Mokrotom adalah mesin untuk mengiris specimen menjadi bagian yang sangat tipis untuk pemeriksaan mikroskop. Berapa mikrotom menggunakan pisau baja dan digunakan untuk mempersiapkan sayatan jaringan hewan atau tumbuhan dalam histology. Secara umum suatu mikrotom memiliki bagian-bagian terpenting sebagai berikut:
  1. Skala pengatur ketebalan sayatan biasanya terdapat dibagian kanan atas badan mikrotom
  2. Pisau mikrotom, merupakan komponen yang bias menentukan kualitas sayatan.
  3. Pegangan blok jaringan, menipakan komponen yang menghubungkan mikrotom dengan blok jaringan yang hendak disayat.
  4. Pengatur jarak berfungsi untuk mengatur blok jaringan dengan mata pisau
Pujawati (2002 : 75) menyatakan bahwa mikrotom merupakan instrument ilmiah yang memotong iris optis suatu untuk memeriksa mikroskopis. Alat untuk membuat bagian yang sangat tipis untuk pemeriksaan mikroskopis. Alat mekanis yang digunakan untuk memotong specimen biologi menjadi bagian tipis trasparan untuk pemeriksaan mikrokopis. Mikrotom menggunakan baja, kaca atau berlian pisau tergantung pada specimen yang sedang diiris dan ketebalan yang diinginkan dari bagian yang dipotong.
Wijosoemarto (2004 : 38) mengatakan bahwa, mikroskop elektron, fiksasi diikuti pembenaman dalam resin seperti araldine(Â), bagian-bagian diiris dengan pisau gelas atau pisau ultramikrotom setebal 2-100 mm. untuk mikroskop cahaya, material petama-tama difiksasi dan dibekukan atau dibenamkan kedalam paratin. Bagian-bagian setebal 3-20 mm biasanya diiris dengan pisau baja.
Anonimus (2010) mengatakan bahwa mikrotom tangan merupakan mikrotom dengan bentuk paling sederhana. Alat ini terbaut dari logam berbentuk seperti klos benang yang berongga ditengah. Didalam rongga terdapat sebauh ulir yang bagian atasnya rata dan bagian bawahnya melekat atau bersatu dengan dasar alat itu. Alat ini bisa digunakan dilaboratorium sekolah untuk membuat sayatan spesimen yang tipis sekali (kurang lebih 20), supaya dapat dilihat dibawah mikroskop. Misalnya, sayatan daun, batang, akar, dan sebagainya.
  • Alat dan Bahan
    Alat :
    Mikrotom
    Mikroskop digital+Laptop+LCD
    Silet
    Gelas kaca, gabus
    Pena, pensil, penghapus
    Media gambar
Bahan :
  • Sayatan gabus batang singkong (Manihot Utilisima)
  • Sayatan gabus batang jagung (Zea Mays)
  • Sayatan daun jagung (Zea Mays)
  • Cara kerja
    • Menyiapkan bahan dan peralatan yang akan digunakan dalam praktikum
    • Mengambil sayatan preparat yang berupa sayatan gabus batang singkong, batang jagung, dan sayatan daun jagung satu persatu
    • Meletakkan preparat kedalam gelas kaca yang telah disayat dengan menggunakan alat mikrotom
    • Mengamati bentuk sayatan tersebut
Menggambar dan di beri keterangan…..read more
========================================================
www.kampussaya.com