Tweet |
Judul :
Konsep Dasar dan Pendekatan Sistim dalam Pendidikan Islam
Jumlah : 14
halaman
Tingkat :
Pelajar/Mahasiswa/Umum
Kode :
Download:
Gambaran
Isi:
BAB I
PENDAHULUAN
Sebelum kita membicarakan pokok pembahasan Ilmu Pendidikan Islam
terlebih dahulu kita membahas pengertian Ilmu Pendidikan itu.
Bila kita akan
melihat pengertian pendidikan dari segi bahasa maka kita harus melihat kepada
kata arabnya, karena ajaran islam itu diturunkan dalam bahasa tersebut, kata
“Pendidikan” yang umumnya kita gunakan sekarang, dalam bahasa arabnya adalah
“Tarbiyah”.
Dalam
pendidikan islam ada yang dikenal dengan pendekatan sistim, pendekatan sistim
adalah suatu proses kegiatan mengidentifikasi kebutuhan, memilih probleh,
mengidentifikasi syarat-syarat pemecahan probleh, serta memilih alternatif
pemecahan problem yang paling tepat.
Setiap sistim
yang hanya mementingkan satu segi manusia dan memisahkannya dari segi yang
lain. Bentuk sistim Pendidikan Islam yang paling utama adalah sistim Ibadah.
Ibadah tidaklah terbatas hanya pada awal ibadah yang sudah dikenal seperti
sholat, puasa, zakat dsb.
BAB II
KONSEP DASAR DAN PENDEKATAN SISTEM
DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Konsep Dasar Dan
Pengertian Pendidikan Islam
A. Pengertian Pendidikan Islam
Dewasa ini sering terjadi
diskusi berkepanjangan berkenaan dengan wcana apakah Islam memiliki konsep
tentang pendidikan ataukan tidak. Sementara para ahli beranggapan, bahwa Islam
tidak memiliki konsep, karena itu maka penerapan pendidikan selama ini,
hanyalah mengadopsi konsep dan sistem pendidikan barat, yang kini mendominasi
sistem pendidikan secara global. Istilah yang dipergunakan untuk menggambarkan
konsep dan aktivitas pendidikan Islam ada tiga yaitu :
- At Ta’diib
- At Ta’liim
- At Tarbiyah
Bila kita akan melihat
pengertian pendidikan dari segi bahasa, maka kita harus melihat kepada kata
arabnya, karena Islam itu di turunkan dalam bahasa tersebut. Kata “Pendidikan”
yang umumnya kita gunakan sekarang, dalam bahasa arabnya adalah “ Tarbiyah”,
dengan kata kerja “Rabba”. Kata “Pengajaran” dalam bahasa arabnya adalah
“Ta’lim” dengan kata kerjanya “Allama”. Pendidikan dan pengajaran dalam bahasa
arabnya “ Tarbiyah wa ta’lim”. Sedabgjab “Pendidikan Islam” dalam bahasa
arabnya adalah “ Tarbiyah Islamiyah”.
Kata kerja Rabba (mendidik)
sudah di gunakan pada zaman Nabi Muhammad SAW seperti terlihat dalam ayat
Al-Qur’an dab hadis Nabi :
... رَبِِّ ارْحَمْهُمَا
كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيْرًا (العمران : ۲۴)
Artinya :
“Ya Allah, sayangilah keduanya (Ibu bapakku
sebagaimana mereka telah mengasuhku (mendidikku) sejak kecil. (QS 17 Al Isro : 24)
Dalam bentuk kata benda, kata “Rabba” ini
figunakan juga untuk “Tuhan” karena Tuhan juga bersifat mendidik, mengasuh,
memelihara dsan pencipta.
قَالَ
اَلَمْ تُرَبِّكَ فِيْنَا وَلِيْدًا وَلَبِثْتَ فِيْنَا مِنْ
Artinya :
“Berkata (Fir’aun kepada Nabi Musa), bukan
kah kami telah mengasuh kau (mendidikmu) dalam keluarga kami waktu kamu masih
kecil dan tinggal bersama kami beberapa tahun dari umurmu. ( QS 26 Asy-Syura : 18 )
Kata “Talim” dengan kata kerjanya “Allama”
juga sudah digunakan pada zaman Nabi. Bauj dalam Al-Qur’an, Hadist atau
pemakaian sehari-hari, kata ini lebih digunakan pada “Tarbiyah”. Dari segi
bahasa, perbedaan arti dari kedua kata itu cukup jelas.
وَعَلَّمَ
ادَمَ اْلاَسْمَآءَ كُلَّهَا (البقرة: ۳۱)
Artinya :
“Allah mengajarkan
kepada Adam nama-nama semuanya
(Al baqarah : 13)
Kata “Allama” pada ayat tersebut
mengandung pengertian sekedar memberitahu atau memberi pengetahuan, tidak
mengandung arti pembinaan kepribadian.
Usaha dan kegiatan yang dilakukan oleh Nabi
dalam menyampaikan seruan agama dengan berdakwah menyampaikan ajaran memberi
contoh, melatih ketrampilan berbuat, memberi motivasi dan menciptakan
lingkungan sosial. Nabi Muhammad SAW adalah seorang pendidik yang berhasil,
membentuk kepribadian manusia dengan mengalami perubahan sikap dan tingkah sesuai dengan petunjuk ajaran Islam.
Dengan demikian, secara umum dapat kita
katakana bahwa PENDIDIKAN ISLAM itu adalah pembentukan kepribadian muslim, iman
sekaligus amal
B.
Pendekatan Sistem Dalam Pendidikan Islam
Pendekatan sistem adalah suatu proses
kegiatan mengidentifikasi kebutuhan, memilih problem mengidentigikasi
syarat-syarat pemecahan problem serta memilih alternatif pemecahan problem yang
paling tepat mengevaluasi hasil dan merevisi sebagaian atau seluruh sistem yang
dilaksanakan sehingga memenuhi kebutuhan dalam memecah masalah secara lebih
baik.
Secara pengertian sistem adalah gabungan dari
komponen-komponen yang terorganisasi sebagai satu kesatuan dengan maksud untuk
mencapai tujuan yang di tetetapkan. Pendekatan sistem dalam pendidikan Islam
adalah suatu proses kegiatan mengidentivikasi seluruh komponen-komponen dalam
pembelajaran Islam untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam pendidikan agama
Islam.
C.
Ciri-Ciri Sebuah Sistem Dam Komponennya
Setiap sistem yang hanya mementingkan satu
segi manusia dan memisahkan nya sdari segi lain akan terjerumus dalam kesalahan
dan kehancuran untuk yang lain. Islam di samping yakin akan adanya banyak segi
manusia, jasmani, akal, dan rohaninya dengan berbagai kebutuhan dan daya setiap
itu meyakini pula kesatuan dan keterpaduan. Wujud manusia tersebut dan tidak
mungkin di pisa-pisahkan satu dengan yang lain fitrah sempurna yang berjalan
menurut garis yang telah di tetepkan Allah SWT roh, akal, tubuh membentuk satu
wujud yang utuh yang disebut manusia.
Sistem Ibadah…..
Pembinaan Rohani …..
Pendidikan Intelektual …..
Pendidikan Jasmani …..
D.
Perbedaan Pendidikan Islam dan
pendidikan non Islam…..
E.
Prinsip-prinsip Sistem
Pendidikan Islam …..
F.
Prinsip pendidikan seumur hidup …..
G.
Prinsip keutamaan …..Read
More
www.kampussaya.com