Pendidikan Sebagai Proses Transformasi Budaya


Mata Kuliah: Pengantar Pendidikan
Judul: Pendidikan Sebagai Proses Transformasi Budaya
Jumlah: 13 halaman
Tingkat: Pelajar/Mahasiswa/Umum
Kode: ~

Download:
========================================================
Gambaran Isi:

BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Pendidikan merupakan satu-satunya usaha atau uapaya yang paling tepat dilakukan guna untuk menyongsong masa depan yang sangat perlu atau membutuhkan adanya pengetahuan dan kecerdasan otak.
Pendidikan adalah satu-satunya penopang hidup menuju masa depan yang penuh dengan tantangan dan persaingan.
Fungsi pendidikan mencakup beberapa fungsi yang mampu mendefinisikan pentingnya pendidikan untuk generasi muda.
Selain fungsi pendidikan yang mendukung proses pembelajaran, unsur-unsur pendidikan juga harus selalu dilibatkan dalam proses pembelajaran yang mana dalam unsur-unsur pendidikan dijelaskan apa saja dan bagaimana cara belajar dan subjek yang harus dibimbing dan juga pendidikan tersebut harusnya bersistem, agar semakin mudah dalam proses belajar dan mengajar.
1.2     Tujuan
Tujuan saya menyusun materi ini adalah untuk menambah pengetahuan para peserta didik dan untuk mengetahui secara menyeluruh tentang bagaimana cara melakukan proses belajar mengajar dengan baik dan benar. Selain karena tujuan tersebut juga sebagai pertukaran kebudayaan antar daerah.dan sebagai pembentukkan pribadi yang lebih baik untuk para peserta didik


1.3     Manfaat
Manfaat menyusun makalah ini bagi diri saya pribadi adalah untuk mengasah kemampuan berfikir kita dan dapat menambah pengetahuan sekaligus pengalalan atau wawasan sedangkan manfaat makalah ini  bagi pembaca adalah dengan disusunnya makalah ini diharapkan ….read more

BAB II
PEMBAHASAN

2.1   Pengertian Pendidikan
1.      Fungsi Pendididikan
  1. Pendidikan sebagia proses transformasi budaya
Sebagai proses transformasi budaya, pendidikan diartikan sebagai kegiatan pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi yang lain. Ada tiga bentuk tranfromasi yaitu nilai-nilai yang masih cocok diteruskan misalnya nilai-nilai kejujuran, rasa tanggung jawab, dan lain-lain.
  1. Pendidikan sebagai proses pembentukkan pribadi
Pendidikan diartikan sebagai suatu kegiatan yang sistematis dan sistemik terarah kepada terbentuknya kepribadian peserta didik. Proses pembentukkan pribadi melalui 2 sasaran yaitu pembentukkan  pribadi bagi mereka yang belum dewasa oleh mereka yang sudahf dewasa dan bagi mereka yang sudah dewasa atas usaha sendiri.
  1. Pendidikan sebagia proses penyiapan warganegara
Diartikan sebagia suatu kegiatan yang terencana untuk membekali peserta didik agar menjadi warga Negara yang baik.
  1. Pendidikan Sebagai Penyiapan Tenaga kerja
Diartikan sebagai Kegiatan membimbing peserta didik sehingga memiliki bekal dasara untuk bekerja. Pembekalan dasar berupa pembentukkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan kerja pada calon luaran. Ini menjadi misi penting dari pendidikan karena bekerja menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupana manusia.


2.      Tujuan dan Proses Pendidikan
  1. Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan memuat gambaran tentang nilai-nilaia yang baik, luhur, pantas, benar, dan indah untuk kehidupan. Pendidikan memiliki dua fungsi yaitu memberikan arah kepada segenap kegiatan pendidikan dan merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh segenap kegiatan pendidikan.
  1. Proses Pendidikan
Merujpakan kegiatan mobilitas segenap komponen pendidikan oleh pendidik terarah kepadapencapaian tujuan pendidikan, kualitas proses pendidikan menggejala pada dua segi, yaiut kualitas komponen dan kualitas pengelolaannya, pengelolaan proses pendidikan meliputi…..read more

BAB III
PENUTUP

2.1  Analisis
Analisis yang dapat diambil dari pemaparan makalah di atas adalah pendidikan menjadi lebih sempurna dengan cara melalui beberapa proses atau beberapa tahap dan adapun tahap-tahap tersebut antara yang satu dengan yang lain harusnya saling berkaitan …..read more

========================================================
www.kampussaya.com