Tweet |
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Taman kanak-kanak merupakan salah satu awal pendidikan formal yang dikenal setelah keluarga di rumah. Orang tua adalah guru yang pertama bagi anaknya sebelum memasuki pendidikan di TK. TK mempunyai tujuan untuk membimbing dan mengembangkan semua aspek yang dimiliki, menuju langkah awal pendidikan dasar melalui bermain, memberikan pembinaan bagi anak yang dilakukan dengan memberikan rangsangan, dan motivasi pendidikan, membantu perkembangan jasmani dan rohani anak agar tumbuh secara maksimal dengan disesuaikan kepada kemapuan dan kebutuhan anak.
Anak taman kanak-kanak adalah masa dimana mereka senang bermain sambil belajar. Bermain merupakan pendekatan dalam melaksanakan kegiatna pendidikan anak usia dini dengan menggunakan strategi, metode dan materi/ bahan dan media yang menarik agar mudah diikuti oleh anak. Dengan bermain, anak-anak menemukan dan mempelajari hal-hal baru dan belajar kapan harus menggunakan keahlian tersebut, serta memuaskan apa yang menjadi kebutuhannya.
Mengenalkan huruf untuk anak TK dapat dilakuan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan bermain kartu huruf. Melalui permainan kartu huruf dapat membuat anak merasa senang, meskipun hanya dengan bermain saja secara langsung anak sudah belajar membaca melalui permainan tersebut. Menggunakan kartu huruf dapat memudahkan anak untuk memahami dan mengerti bentuk-bentuk huruf dengan udah dan dapat mengenal warna melalui kartu huruf tersebut.
Sejak usia taman kanak-kanak anak sudah dikenalkan dengan huruf bisa mengembangkan semua aspek yang dimiliki melalui bermain. Lewat bermain, fisik anak akan terlatih, kemampuan kognitif dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain akan berkembang.
selengkapnya download disini