HUBUNGAN PENGGUNAAN SISTEM MODUL DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Table 1: Data hasil belajar ekonomi siswa kelas A semester ganjil SMA 1 Purbolinggo tahun pelajaran 2009/2010.
No Hasil Belajar Kategori Jumlah Presentasi
1 > 60 Tuntas 16 40
2 < 60 Belum tuntas 24 64 Jumlah 40 100 Sumber : Dokumentasi nilai leger siswa kelas x semester ganjil SMA 1 Punrbolinggo tahun Pelajaran 2009/2010 Berdasarkan table di atas maka siswa yang memperoleh nilai tuntas sebanyak 16 siswa dengan persentasi 40 dan siswa yang memperoleh nilai belum tuntas sebanyak 24 siswa dengan persentasi 40 dengan demikian dapat di simpulkan bahwa hasil belajar siswa bidang ekonomi sebagian besar belum tuntas. B. Rumusan Masalah Masalah dalam penelitian ini adalah masih terdapat siswa yang belum tuntas hasil belajar ekonomi kelas X SMA 1 Purbolinggo semester ganjil Tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan permasalahan tersebut diatas maka dapat penulis rumuskan sebagai berikut : Apakah ada hubungan penggunaan system modul dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas X semester ganjil SMA 1 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2009/2010. selengkapnya download disini