Petugas Perpustakaan Sekolah

MAKALAH

PERPUSTAKAAN

“PETUGAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH”




DISUSUN OLEH:
NAMA : FITRIA KURNIAWATI
NPM : 0839111
PRODI : PAI
SEMESTER : IV (EMPAT)
LOKAL :
DOSEN :








SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) JURAI SIWO METRO
T.A 2010/2011

BAB I
PENDAHULUAN

Dalam rangka menyelenggarakan perpustakaan sekolah sehari-harinya perlu ada satu orang atau lebih yang ditunjuk untuk mengelola perpustakaan sekolah orang-orang yang ditunjuk atau diorang yang diberi tanggung jawab harus memiliki kemampuan dan kecakapan dalam mengelola perpustakaan sekolah. Besar kecilnya hasil yang dicapai oleh adanya penyelenggaraan perpustakaan sekolah sangat tergantung pada bagaimana pengelolaannya. Oleh sebab itu perpustakaan sekolah harus dikelola oleh orang-orang yang mampu mengelola perpustakaan sekolah.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Petugas Perpustakaan Sekolah dan Tanggung Jawabnya.
Yang dimaksud dengan petugas perpustakaan sekolah adalah seseorang yang telah diangkat oleh pejabat yang berwenang untuk menjabat ataumelaksanakan tugas-tugas sehubungan dengan penyelenggaraan perpustakaan sekolah karena dianggap memenuhi syarat-syarat tertentu. Pejabat yang berwenang mengangkat petugas-petugas perpustakaan sekolah adalah ekpala sekolah. Tugas-tugas yang berhubungan dengan penyelenggaraan perpustakaan banyak sekali baik yang berhubungan dengan pembinaan maupun pengembangannya. Misalnya merencanakan pengadaan bahan-bahan pustaka, mengklasifikasi, mengkatalog buku-buku, melayani peminjaman dan pengembalian buku-buku, dan sebagainya. Sedangkan syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk diangkat sebagai petugas perpustakaan sekolah sesuai dengan apayang menjaditanggung jawabnya. Petugas perpustakaan sekolahtidak hanya dalam hal memperoses buku-buku tetapi lebih dari itu harus memiliki sifat-sifat khusus baik yang berhubungan dengan maslaah-masalah perpustakaan sekolah maupun berhubungan dengan masalah-masalah pendidikan.
Secara terinci seseorang yang diangkat sebagai petugas perustakaan sekolah harus memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
- Petugas perpustakaan sekolah harus memiliki pengetahuan dibidang perpustakaan sekolah.
- Petugas perpustakaan sekolah harus memiliki pengetahuan di bidang pendidikan.
- Petugas perpustakaan sekolah harus memiliki minat terhadap penyelenggaraan perpustakaan sekolah
- Petugas perpustakaan sekolah harus suka bekerja, tekun, dan teliti dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
- Petugas perpustakaan sekolah harus terampil mengelola perpustakaan sekolah.
Jumlah petugas perpustakaan sekolah tergantungkepada jumlah murid yang dilayani. Semakin banyak murid suatu sekolah tertentu semakin banyak pula petugas perpustakaan seklahnya. Perbandingan antara jumlah petugas dengan jumlah murid yang dilayani berbanging 1 : 250 murid, sehingga apabila jumlah muridnya berkisar 250 orang diperlukan satu orang petugas, dan apabila muridnya berkisar 500 orang diperlukan petugas minimal dua orang petugas.
Pada dsasarnya petugas perpustakaan sekolah terdiri dari dua bagian,yaitu seorang yang bertindak sebagai kepala perpustakaan sekolah yang sering disebut juga dengan kata pustakawan atau guru pustakawan,danbeberapa orang anggota staf perpustakaan sekolah.
1. Kepala Perpustakaan sekolah atau guru/ Pustakawan
Kepala perpustakaan sekolah adalah seseorang yang diberi tanggung jawab untuk mengelola perpustakaan sekolah. Jabatan ini sebaiknya dipegang oleh salah seorang guru sehingga penyelenggaraan perpustakaan sekolah benar-benar diintegrasikan dengan proses belajar mengajar yang berlangsung disekolah.
Tugas dan tanggung jawab kepala perpustakaan sekolah adalah sebagai berikut:
a. Membuat perencanaan pembinaan dan pengembangan perpustakaan sekolah yang biasanya dibuat pada setiap awal tahun ajaran baru.
b. Mendayagunakan semua sumber yang ada baik sumber manusia maupun sumber material.
c. Mengadakan koordinasi dan pengawasan terhadap semua kegiatan perpustakaan sekolah sehingga semuanya mengarah kepada tujuan.
d. Apabila dalam melaksanakan tugasnya kepala perpustakaan sekolah dibantu oleh beberapa orang staf maka ia bertanggung jawab atas pembinaan semua anggota stafnya.
DOWNLOAD DI SINI