Tweet |
KELAS / SEMESTER: 4 (EMPAT) / 2 (DUA)
PERTEMUAN: 1 - 10
ALOKASI: 2 X 35 MENIT
===============================================================
Gambaran Isi:Berikut arsip RPP Bahasa Indonesia, serta uraian tentang Standar Kompetensi dan Indikator kalau sesuai silahkan di sedoooot:
- Pertemuan 1:
Standar Kompetensi
Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
Indikator:
Menjelaskan isi pantun.
Menyimpulkan cirri-ciri pantun.
Membaca pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat.
download RPP_1
- Pertemuan 2
Standar Kompetensi:
Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
Indikator :
Membacakan pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Menyimpulkan isi pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Menjelaskan kembali isi pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Download RPP_2
- Pertemuan 3
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak.
Indikator :
Menetukan tema atau topik karangan
Menyusun kerangka karangan.
Menyusun karangan dengan menggunakan bahasa dan ejaa
download RPP_3
- Pertemuan 4
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak.
Indikator :
Mendaftar isi pokok yang akan dituliskan pada pengumuman.
Membuat pengumuman dengan bahasa yang singkat, padat, dan mudah dipahami,
Menyampaikan pengumuman dengan bahasa yang singkat, padat, dan mudah dipahami.
download RPP_4
- Pertemuan 5
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak.
Indikator :
Menyimpulkan ciri-ciri pantun
Membuat pantun tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dan lain-lain)
Menjelaskan isi pantun
download RPP_5
- Pertemuan ke 6
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan bertelefon
Indikator :
Membcakan bait-bait pantun dengan intonasi yang sesuai
Membacakan pantun secara berpasangan dan berkesinambungan
Menyusun pantun secara berkelompok.
Menjelaskan isi pantun.
download RPP_6
- Pertemuan ke 7
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan bertelefon
Indikator :
Menerima telefon sesuai dengan etika atau santun bertelefon
Menuliskan pesan sesuai dengan yagn didiktekan penelefon
Menyampaikan pesna sesuai dengan isi telefon.
Download RPP_7
- Pertemuan ke 8
Standar Kompetensi :
Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
Indikator :
Menemukan pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam teks.
Mencatat ide pokok pada tiap paragraph
Menuliskan kalimat utama pda tiap paragraph
Meringkas teks bacaan dengan kalimat yang runtut
Mengidentifikasi kata-kata yang memiliki sinonim dan antonym serta menuliskan sinonim atau antonimnya.
Menjelaskan isi teks dengan kalimat yang runtut.
download RPP_8
- Pertemuan 9
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan bertelefon
Indikator :
Menemukan tema atau topic karangan
Menyusun kerangka karangan
Menyusn karangan dengan menggunakan bahasa dan ejaan yang disempurnakan.
download RPP_9
- Pertemuan ke 10
Standar Kompetensi :
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak.
Indikator :
Mendaftar isi pokok yang akan dituliskan pada pengumuman
Membuat pengumuman dengan bahasa yang singkat, pdat, dan mudah dipahami
Menyampaikan pengumuman dengan bahasa yang singkat, padat, dan mudah dipahami
download RPP_10
Download Juga RPP yang lain