Garapan Makalah November_Bagian ke_1

AKHLAK BERSAUDARA DAN BERTETANGGA download disini
A. Akhlak Bersaudara
Bersaudara dan Saling Menasihati
Api peperangan di lembah Badr telah padam. Perang ini berakhir dengan kemenangan Dienul Haq (agama yang benar) atas Dienul Kufr. Sejumlah 14 mujahid muslimin syahid; 6 orang dari pihak Muhajirin, sisanya 8 orang dari pihak Anshar. Di lain pihak sebanyak 70 orang tentara musyrik Makkah ditawan, dan 70 orang lainnya tewas. Kebanyakan dari mereka adalah para pemuka dan pembesar Makkah.
Sebelum Islam datang, masyarakat Arab hidup dalam sistem 'ashabiyyah yang fanatik terhadap qabilah (suku) dan keturunan. Hubungan mereka kepada suku dan keturunan adalah hubungan hidup dan mati. "Bela saudaramu salah atau benar", itulah semboyan mereka yang diterjemahkan secara harfiah. Hidup dan mati mereka dipersembahkan untuk menjaga kehormatan dan keberlangsungan suku dan keturunan. (Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfury, Ar-Rahiqul Makhtum, hal. 45)
Dan di perang Badr ini (Ramadhan 2 H), perang pertama dalam sejarah perjalanan Islam, justru mereka orang-orang Muhajirin Makkah khususnya berperang melawan saudara, keturunan dan suku, bahkan ada yang berperang melawan ayah, paman atau anaknya sendiri, yang berbeda aqidah. Umar bin Al-Khaththab membunuh pamannya, 'Ash bin Hisyam yang kafir. Abu Bakr berperang melawan anaknya, Abdurrahman yang ketika itu belum memeluk Islam. ==> isi lengkap download disini


AKUNTANSI BANK SYARIAH 1

Akuntansi Transaksi Investasi Mudharabah

PEMBAHASAN
download disini

A. Pengertian
- Investasi mudharabah adalah pembiayaan yang disalurkan oleh bank syariah kepada pihak lain untuk suatu usaha yang produktiv.
- Mudharabah adalah akad yang telah dikenal oleh umat muslim sejak jaman nabi, bahkan telah dipraktikkan oleh bangsa Arab sebelum turunnya Islam
- Mudharabah yaitu akad kerjasama pembiayaan antara bank syariah selaku pemilik dana (shahibul maal) yang menyediakan semua kebutuhan modal dengan nasabah (mudharib) sebagai pihak yang mempunyai keahlian atau keterampilan tertentu, untuk mengelola suatu kegiatan usaha yang produktif dan sesuai syariah.
- Akad mudharabah adalah bentuk kontrak antara dua pihak dimana satu pihak berperan sebagai pemilik modal dan mempercayakan sejumlah modalnya untuk dikelola oleh pihak kedua, yakni si pelaksana usaha, dengan tujuan untuk mendapatkan untung.
==> isi lengkap download disini


PEMBAHASAN
BIAYA-BIAYA PRODUKSI
download disini

1. PENGERTIAN
Biaya produksi dapat didefinisikan sebagai semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi dan bahan-bahan mentah yang akan digunakan untuk menciptakan barang-barang yang diproduksikan perusahaan tersebut. Jadi, biaya produksi adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh pengusaha untuk dapat menghasilkan output (hasil produksi), biaya produksi tidak lebih dan tidak kurang dari pada penjumlahan harga-harga faktor produksi atau input. Jelasnya, biaya produksi adalah nilai semua faktor produksi yang dipergunakan untuk menghasilkan (memproduksi) output. Maksud istilah nilai adalah bahwa semua faktor produksi yang di pergunakan untuk menghasilkan output itu haruslah dinilai dengan uang, jadi harus dapat ditetapkan harganya.
==> isi lengkap download disini


“IJMA SEBAGAI DALIL HUKUM”
MATA KULIAH
USHUL FIQH download disini

BAB II
PEMBAHASAN

A. Definisi Ijma”
Ijma menurut bahasa arab berarti kesepakatan atau sependapat tentang sesuatu hal, seperti perkataan seseorang أجمع القوم على كذا yang berarti kaum itu telah sepakat (sependapat) tentang yang demikian itu.
Menurut istilah ijma, ialah kesepakatan mujtahid umat islam tentang hukum syara’ dari suatu peristiwa yang terjadi setelah Rasulullah SAW, meninggal dunia. Sebagai contoh ialah setelah Rasululah SAW meninggal dunia diperlukan pengangkatan seorang pengganti beliau yang dinamakan khalifah. Maka kaum muslimin yang ada pada waktu itu sepakat untuk mengangkat seorang khalifah dan atas kesepakatan bersama pula diangkatlah Abu Bakar RA sebagai khalifah pertama. Sekalipun pada permulaannya ada yang kurang menyetujui pengangkatan Abu Bakar itu, namun kemudian semua kaum muslimin menyetujuinya. Kesepakatan yang seperti ini dapat dikatakan Ijma’
==> isi lengkap download disini

Kekurangan dan Kelebihan Demokrasi
PEMBAHASAN
download

1. Pengertian Demokrasi
Kata demokrasi terkesan akrab diucapkan oleh semua orang, baik diwarung-warung, disemua pertemuan dan perbincangan umum dimasyarakat. Namun apakah sudah dipahami hakekat kata demokrasi itu?. Untuk itu kita perlu memahami, apa sebenarnya makna dan hakekat demokrasi. Demokrasi telah dipilih dan dijadikan sebagai sistem nilai dalam tatanan kehidupan manusia, baik dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat dan bernegara. Pengertian demokrasi dapat dipahami dari tinjauan secara:
==>isi lengkap download disini