Upaya Guru dalam mengembangkan motorik halus anak melalui keterampilan menganyam bentuk geometri di TK

Masa usia TK adalah masa yang paling tepat untuk mengembangkan motorik halus anak. Potensi anak usia 4 – 6 tahun berada pada masa yang amat penting untuk dirangsang perkembangannya. Untuk itu perlu mengembangkan motorik hasul anak usia prasekolah dengan keterampilan menganyam bentuk geometri di sekolah taman kanak-kanak karena kurang sabar dan kreatifnya anak dalam menghasilkan suatu karya kerajinan tangan.


Keterampilan menganyam bentuk geometri bertujuan untuk mengembangkan koordinasi antara otot jari tangan dan mata, melatih kesabaran, ketelitian dan estetika (keindahan), meningkatkan kemampuan dan kreatifitas anak sesuai dengan tahap perkembangan anak agar anak dapat menciptakan sesuatu berdasarkan hasil imajinasi seperti bentuk “anyaman ukuran, warna dan kerapihan anyaman.

Pada pengamatan yang telah dilakukan kemampuan anak sebelum mendapat latihan menyebutkan bentuk geometri mendapat nilai 36% sesudah mendapat latihan 58% jadi kemampuan anak naik 22% menganyam bentuk geometri sebelum mendapat latihan mendapat nilai 36% sesudah mendapat latihan mendapat 47% jadi kemampuan anak naik 11% sedangkan kerapihan menganyam sebelum mendapat latihan mendapat 15,7% sesudah mendapat latihan 42% jadi kemampuan anak dalam kerapihan menganyam naik 11,5%. Dari ke tiga pengamatan di atas yang mendapat nilai tinggi adalah kemampuan anak menyebutkan bentuk geometri.

Kesimpulan yang dapat diambil dair pengamatan ini maka diharapkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan motorik halus anak melalui keterampilan mengayam bentuk geometri dapat meningkatkan dan mengembangkan koordinasi antara otot jari tangan dan mata melatih kesabaran ketelitian dan etika (keindahan).

Download Tugas Akhir Lengkap disini

Kembali ke=>Kumpulan TA Tugas Akhir S1 dan DII PGTK