BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Kondisi geografis Desa Hargomulyo 66C dengan ketinggian tanah dari permukaan laut 722 m, curah hujan 3500 mm pertahun dan suhu udara rata-rata 270 C, maka Desa Hargomulyo 66C termasuk kedalam daerah yang cocok sebagai daerah pertanian. Hal ini mendorong penduduk memilih pertanian sebagai jenis mata pencaharian mereka, diantaranya dengan tanaman kelapa. Hampir setiap rumah memiliki pohon kelapa baik yang menghasilkan buah kelapa maupun kelapa deres yang menghasilkan nira sebagai bahan baku untuk pembuatan gula kelapa.
Sejak dahulu gula kelapa sudah dikenal dan digemari di berbagai golongan ditanah air , memiliki citarasa yang khas, berkhasiat tinggi dan dapat dinikmati beberapa rasa di dalam diversifikasi pangan. Bahan utama pembuatan gula kelapa adalah nira yang disadap dari bunga kelapa yang belum mekar. Pohon kelapa ini tersebar secara merata dan umumnya di tanam dipekarangan dan atau diladang.
Hal ini memudahkan penduduk dalam mengambil bahan baku. Industri rumah tangga semacam ini diantaranya dapat ditemukan di Desa Hargo mulyo 66C kecamatan Sukadana kabupaten Lampung timur dan merupakan salah satu industry kecil yang harus diperhatikan, dibina dan diarahkan dalam pengolahan dan pemasarannya.
Salah satu tujuan petani kelapa membuat gula kelapa adalah untuk meningkatkan nilai tambah yang diperoleh dari pohon kelapa yang mereka miliki. Upaya ini ditempuh karena harga buah kelapa dinilai sangat rendah dan tak pernah stabil. Walaupun besarnya keuntungan yang akan diperoleh dari usaha pembuatan gula kelapa hanya dapat diraih dengan kerja keras, karena penderes harus memanjat pohon kelapa yang tingginya dapat lebih dari 10 meter sebanyak 2 (dua) kali setiap hari.
Pekerjaan pembuatan gula kelapa dilakukan sebagai pekerjaan pokok dan sebagai pekerjaan sambilan dimana pekerjaan pokoknya bertani dan seluruh keluarga aktif terlibat didalamnya. Usaha sambilan ini merupakan kegiatan yang sangat strategis bagi para petani, hal ini karena banyaknya waktu luang yang dipunyai oleh petani. Mereka mempunyai waktu luang seperti sore hari dan malam hari. Apabila waktu luang ini digunakan secara efektif dan efisien maka akan dapat menguntungkan petani yang bersangkutan. Selain itu pekerjaan pembuatan gula kelapa memberikan pilihan kegiatan ekonomi bagi orang-orang yang tidak mendapatkan manfaat dari kehadiran industri-industri besar. Berdasarkan monografi Desa Hargo mulyo 66C tercatat jumlah penduduk 6.410 jiwa yang terbagi menjadi 1.665 KK, terdapat 603 orang yang mengelola usaha pembuatan gula kelapa. Desa Hargo mulyo merupakan desa bagian Kecamatan Sukadana yang paling luas dibandingkan dengan desa-desa lain, dengan luas desa 510.181 ha terdiri dari 6 dusun yaitu Dusun Karangduren, Dusun Kaligintung, Dusun Kuncen, Dusun Cabean Wetan, Dusun Cabean Kulon dan Dusun Wedilelo. Selain itu Desa Hargo mulyo 66C berdekatan dengan dua pasar tradisional yaitu Pasar Jembat serongdan Pasar Sekampung.
Cara pemasaran yang dilakukan pengrajin gula kelapa di Desa Hargo mulyo, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung timur dilakukan dengan dua cara, yaitu :
1. Secara langsung yaitu pengrajin menjual produknya langsung ke konsumen.
2. Secara tidak langsung yaitu pengrajin menjual produknya melalui penyalur yaitu melalui pedagang pengumpul dan pedagang pengecer.Sistem pemasaran yang dapat menguntungkan dianggap baik, jika tercipta keadaan yang dapat memperoleh kepuasan bagi semua pihak, yaitu produsen, lembaga-lembaga pemasaran dan konsumen. Kepuasan yang dimaksud antara lain adalah kepuasan antara harga yang diterima produsen, imbalan dan jasa yang diterima lembaga pemasaran serta kepuasan terhadap barang-barang dan jasa-jasa yang diterima konsumen.
Antara produsen dan konsumen terdapat perantara (middleman) yang terlibat dalam arus pengaliran barang. Jasa perantara menyebabkan konsumen dapat membeli barang dengan mudah sesuai keinginannya. Gula kelapa sebagai komoditas hasil pertanian memiliki karakteristik menyebar, maka proses pemasaran meliputi proses-proses pengumpulan, pengimbangan, dan penyebaran. Saluran distribusi yang pendek lebih menguntungkan pengrajin, tetapi ada kemungkinan lain dapat terjadi karena :
Jika pengrajin menjual kepada ped
download disini