Laboratorium IPA SD Sebagai Sarana Pengaktualisasian Minat, Bakat, Dan Keterampilan Siswa SD Dalam Bidang IPA

Mata Kuliah: Pengelolaan Laboratorium IPA
Judul: Laboratorium IPA SD Sebagai Sarana Pengaktualisasian Minat, Bakat, Dan Keterampilan Siswa SD Dalam Bidang IPA
Jumlah: 28 halaman
Tingkat: Pelajar/Mahasiswa/Umum
Kode: ~
Harga: Rp.0,00

Download:
~ Link 1.Doc
~ Link 2.PDF
~ Link 3.Rar
===============================================================
Gambaran Isi:

BAB I
 PENDAHULUAN


 1.1 Latar Belakang

Penguasaan kemampuan siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)   siswa SD memerlukan perhatian khusus, karena dalam IPA siswa akan dapat belajar lebih objektif dan nyata, serta dapat meningkatkan cara berfikir ilmiah siswa sejak dini. Berlandaskan tujuan kurikulum IPA SD/MI yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia (DIKNAS), yaitu :
(1). Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya.
(2). Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
(3). Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat. .....Read More


BAB II
PEMBAHASAN
 
2.1 Minat, Bakat, dan Keterampilan Siswan dalam Bidang IPA
IPA adalah ilmu pengetahuan yang empiris, yang berarti ilmu ini lahir karena adanya usaha-usaha percobaan, penelitian, dan penemuan oleh orang yang ahli di bidang IPA. Siswa SD telah diperkenalkan dan diajarkan IPA dengan maksud agar mereka terbiasa melakukan hal-hal untuk menemukan sesuatu berdasarkan penelitian, percobaan agar mereka mengetahui proses terjadinya sesuatu dan mengambil pelajaran dari kejadian tersebut. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian minat itu sendiri adalah kecenderungan hati yg tinggi terhadap sesuatu; gairah; keinginan. Sedangkan bakat, berarti (1) alamat (tanda-tanda bahwa sesuatu akan terjadi); (2) dasar (kepandaian, sifat, dan pembawaan) yang dibawa sejak lahir; (3) bekas; kesan; tanda-tanda (luka), dan keterampilan itu berarti kecakapan untuk menyelesaikan tugas. Suatu keterampilan akan berkembang dengan baik dan benar jika adanya pengasahan serta pengulangan yang terus-menerus dan konsisten yang nantinya akan dilakukan di laboratorium IPA.
 Minat siswa SD dalam bidang IPA ini  .....Read More

BAB III
PENUTUP

 3.1 Kesimpulan
 Upaya pemberdayaan laboratorium IPA SD agar benar-benar dapat dijadikan sarana untuk mengaktualisasikan minat, bakat, dan keterampilan siswa haruslah dihayati dan dilaksnakan dengan cara yang paling bijaksana dan nyata. Karena hal ini sangatlah urgen mengingat kepentingan keberhasilan dan kemajuan proses pembelajaran IPA khususnya.

Peran laboratorium IPA sangatlah banyak dalam menunjang proses pengajaran IPA di SD. Karena dengan adanya laboratorium IPA, siswa dapat lebih termotivasi untuk melakukan pembelajaran karena mereka akan lebih tertarik dengan simulasi, percobaan, dan sebagainya, dengan adanya laboratoium IPA akan lebih memacu siswa untuk berfikir kritis dan berusaha memecahkan masalah dengan cara empiris, mengembangkan pemahaman konsep dan kemampuan intelektual.  .....Read More